About Me

Resmi dari Presiden Jokowi! Tenaga honorer tetap menjadi fokus Pemerintah dalam Seleksi CASN 2023. Ini rincian formasinya



ntah sedang berupaya untuk mengangkat tenaga honorer secara berangsur.

Permasalahan tenaga honorer ini diharapkan bisa selesai sesuai mandat UU ASN No 20, yang menyatakan bahwa pengangkatan tenaga honorer harus selesai pada Desember 2024 ini.

Tahun ini pemerintah membuka kembali seleksi CASN 2024 dengan harapan bisa menjadi alat untuk mengangkat tenaga honorer.

Baca Juga : Hasil Seleksi PPPK Guru 2023 Apakah Bisa Dipakai Tes Selanjutnya? Ini Jawaban Kemdikbudristek

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Presiden Jokowi mengumumkan jumlah formasi yang akan dibuka pada CASN 2024 ini

Baca Juga : Diteken MenpanRB, Golongan Hononer ini dapat Hadiah 2024

Pada tahun ini pemerintah membuka lowongan CASN sebanyak 2,3 juta formasi.

Formasi tersebut dibuka untuk fresh graduate dan tenaga honorer.

Formasi yang dibuka untuk fresh graduate dibuka untuk talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik secara merata di seluruh Indonesia.

Selain itu fresh graduate yang lolos seleksi rencananya akan ditempatkan di IKN. Namun formasi untuk IKN disesuaikan dengan kebutuhan kementerian atau lembaga.

Perekrutan talenta-talenta muda ini diharapkan agar ASN kedepannya bisa bekerja secara lincah, efektif dan akan berdampak positif ke pelayanan publik.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa kategori tenaga honorer guru, dosen, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

“Pemerintah juga akan menyelesaikan permasalahan tenaga honorer berdasarkan data base BKN sebagaimana amanat UU ASN No 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini akan dilakukan rekrutmen sebanyak 1,6 juta,yang belum diangkat menjadi PPPK, formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan sehingga tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari TikTok Kemenpan RB, Minggu 7 Desember 2023.

Formasi yang dibuka untuk fresh graduate sebanyak 690.000 orang. Yang terbagi dari instansi pusat sebanyak 207.247 formasi dan instansi daerah sebanyak 483.575 formasi.

Sedangkan untuk tenaga honorer pemerintah membuka 1.605.694. juta lowongan untuk instansi daerah yang terdiri dari tenaga guru sebanyak 419.146 formasi. Kemudian tenaga kesehatan sebanyak 417.196 dan tenaga teknis sebanyak 547.416.

Dan formasi pusat berjumlah 221.936. untuk formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Demikian informasi yang dapat disampaikan semoga bermanfaat.***

sumber : ayo bandung

Post a Comment

0 Comments